Sabtu, 13 Januari 2018

Summary belajar dan pembelajaran


1.Masalah-Masalah internal dan external belajar
Masalah belajar adalah suatu kondisi kondisi tertentu yang dialami oleh siswa dan menghambat kelancaran proses belajar, bisa berkenaan dengan keadaan diri siswa itu sendiri  ataupun berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan.Masalah-masalah dalam belajar yang dialami siswa dapat dipengarhi oleh faktor internal yang berasal dari siswa itu sendiri dan faktor eksternal berupa pengaruh lingkungan sekolah, keluarga, maupun lingkungan sosial.

2.Sumber belajar
adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar

3.Pendekatan pembelajaran
Pendekatan belajar dapat berarti titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar yang berlangsung telah terjadi interaksi yang bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik sehingga tercapai sasaran belajar.

4.Pembelajaran dan pengembangan kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpangkal pada suatu kurikulum, dan dalam proses pembelajaran guru juga berpatokan pada tujuan kurikulum. Pada satu sisi, guru adalah pembelajar siswa, yang mampu mengajar siswa sesuai dengan kurikulum

5.Konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran
Kegiatan evaluasi merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa, selain untuk mengadakan perbaikan. Oleh karena itu, kegiatan evaluasi hendaknya memperhatikan konsep dasar evaluasi yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Konsep dasar evaluasi yang harus dikuasai oleh pendidik (guru) ataupun calon pendidik (calon guru).

6.Rencana pelaksanaan pembelajaran
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar